Keajaiban Shalat Dhuha Pagi Hari

TABIRDAKWAH - Assalam untuk kita semua, seperti biasanya kali ini admin ingin berbagi info mengenai manfaat sholat duha yang berjudul keajaiban sholat duha di pagi hari dan semoga menambah wawasan dan menambah keyakinan kita untuk selalu konsisten ( istiqomah ) melaksanakannya.

Keajaiban Shalat Dhuha Pagi Hari

Keajaiban Shalat Dhuha Pagi Hari

Manfaat Sholat Duha

Manfaat Sholat Duha ( Dhuha ) sangat banyak sekali bagi manusia yang rutin mengerjakan tiap pagi hari, dilaksanakan antara terbit matahari sekitar jam 7 pagi, hingga sebelum masuk waktu sholat duhur ( sekitar jam 11 siang ), jadi waktu melaksanakan sholat duha kurang lebihnya 4 jam setiap paginya

Dalam manfaat sholat duha yang akan kita ulas ini lebih berdasarkan pengalaman-pengalaman , berdasar Al-Quran dan juga berdasarkan hadis nabi Muhammad Saw sebagai suritauladan umat Islam di seluruh dunia

Manfaat atau khasiat atau keutamaan Shalat Dhuha selain dapat pahala yang melimpah juga diyakini sebagai salah satu amal yang mengundang dan memperlancar rezeki. Yang disebut Rizqi adalah tidak hanya bentuk uang saja, melainkan segala kebahagiaan , ketenangan pemberian dan anugrah dari Allah SWT kepada kita sebagai manusia
Baca Juga: Dosa Dan Hukuman Mencuri Menurut Syariat Islam

Keajaiban Sholat Duha Menurut Yang Sudah Mengamalkannya

Selain pahala yang besar juga Tidak sedikit Muslim laki laki maupun perempuan yang telah merasakan keajaiban dan kedahsyatan Shalat Dhuha. Salah satunya, sebut saja Ahmadi.

Ahmadi menceritakan kepada bersamadakwah pengalamannya merasakan keajaiban shalat Dhuha saat ia berniat membiasakan salah satu sunnah Nabi tersebut.

"Di hari pertama aku mulai berkomitmen membiasakan shalat Dhuha ( mengamalkan duha ) siangnya ada teman yang mentraktirku," kenangnya. Peristiwa itu terjadi beberapa tahun yang lalu.

"Di hari kedua hikmah melaksanakan shalat Dhuha, tiba-tiba aku mendapatkan reward. Jumlahnya tidak banyak sih, sekitar 2,5 persen dari gaji. Tapi ini tidak biasanya," lanjutnya.
Baca Juga: Dahsyatnya Rahasia Bersedekah
"Di hari ketiga aku manfaat melaksanakan shalat Dhuha, Allah menyelamatkanku dari sebuah kecelakaan. Ini memang tidak berupa uang, tetapi kalau diuangkan nilainya sangat mahal. Saat aku pulang kerja, sebuah motor dengan kecepatan tinggi menghampiriku dari belakang. Sudah menubruk motorku. Anehnya, aku tidak apa-apa. Motorku tidak sampai jatuh. Malah orang yang menabrakku tadi yang jatuh," ia berhenti sesaat, seperti berusaha mengingat-ingat peristiwa itu.

"Aku kemudian berhenti, menepi. Sempat khawatir kalau ia luka parah dan aku disalahkan serta dimintai ganti rugi. Orang-orang menolongnya. Alhamdulillah, tidak parah. Kebetulan beberapa orang yang menolongnya ternyata mengenalku. 'Nggak apa-apa Mas, lanjut saja' kata mereka. Aku pun lega"

Keajaiban pada hari-hari pertama Ahmadi membiasakan shalat Dhuha membuatnya semakin yakin bahwa Shalat Dhuha memiliki keistimewaan tersendiri dalam hubungannya dengan rezeki. Ia pun menyadari bahwa yang namanya rezeki tidak selalu berupa uang dan materi. Bisa juga kesehatan, keselamatan, dan seterusnya.
Baca Juga: Ketika Ajal Menjemput Manusia

Keutamaan Sholat Duha Menurut Hadis

Subhanallah… Sungguh benar firman Allah dan sabda Rasul-Nya:

1. Keutamaan Sholat Duha

Keutamaan Sholat Duha berdasarkan Al-Qur`an adalah sebagai berikut ini:

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ
Allah 'Azza wa Jalla berfirman, "Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu." (HR. Ahmad)

Baca Juga: Peluang Bisnis Reseller dan Dropship Online Tanpa Modal

2. Keutamaan dan manfaat Sholat Duha

Keutamaan Sholat Duha sangatlah dahsyat sekali, seperti yang tertera dala hadits Nabi berikut ini:

بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- سَرِيَّةً فَغَنِمُوا وَأَسْرَعُوا الرَّجْعَةَ فَتَحَدَّثَ النَّاسُ بِقُرْبِ مَغْزَاهُمْ وَكَثْرَةِ غَنِيمَتِهِمْ وَسُرْعَةِ رَجْعَتِهِمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى أَقْرَبَ مِنْهُ مَغْزًى وَأَكْثَرَ غَنِيمَةً وَأَوْشَكَ رَجْعَةً مَنْ تَوَضَّأَ ثُمَّ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لِسُبْحَةِ الضُّحَى فَهُوَ أَقْرَبُ مَغْزًى وَأَكْثَرُ غَنِيمَةً وَأَوْشَكُ رَجْعَةً
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengirimkan sepasukan tentara, lalu mereka berhasil memperoleh harta rampasan perang yang banyak dan bergegas pulang. Kesuksesan perang, harta rampasan yang banyak dan pasukan kembali dengan selamat menjadi buah bibir di masyarakat. Lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang lebih banyak memperoleh harta rampasan, bahkan keberhasilannya lebih cepat dibandingkan pasukan tentara itu? Hendaklah seseorang berwudhu lalu pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat Dhuha. Maka orang itulah yang lebih cepat memenangkan peperangan, lebih banyak meraih harta rampasan dan lebih segera meraih kesuksesan." (HR. Ahmad; hasan shahih)

Baca Juga: 12 Sebab Dilapangkannya Rizki Seorang Hamba

Baca juga : Cara Melaksanakan Sholat Duha Yang Benar

Nah, mungkin artikel tentang pahala ,  keajaiban, manfaat dan faedah melakukan sholat duha secara rutin istiqomah kita cukupkan sampai di sini dulu semoga berguna untuk sahabat semuanya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel