Jangan Anggap Remeh, Karena Inilah Posisi Tidur Yang Dimurkai Allah SWT

TABIRDAKWAH - Assalam untuk kita semuanya, pada kali ini kita kan memberikan informasi yang kelihatannya remeh dan kita kerjakan sehari-hari namun dampaknya sangat luar biasa, yaitu masalah tidur ( bahasa Jawa: Sare / Turu ) dengan judul Jangan anggap remeh, karena inilah posisi tidur yang di murkai Allah SWT, Semoga akan menjadi bahan bacaan yang tepat bagi kita semua selaku Muslim dan Muslimat, dan silahkan baca ulasan berikut agar tambah wawasan serta pengetahuan keIslaman kita tentunya

Posisi Tidur Yang Dimurkai Allah SWT



Posisi Tidur Yang Benar Menurut Islam


Posisi Tidur Yang Dilarang Dalam iIslam

Mengapa Tidak Boleh Tidur TENGKURAP dan Kenapa sebaiknya Tidur posisi Miring Ke kanan ?
Larangan Tidur dengan Tengkurap? yuk mari cari tahu alasan atau dalilnya, jangan hanya katanya-katanya saja

Hadits ini diriwayatkan dari Thakhfah Al-Ghifari r.a, salah seorang di antara ash-habush shuffah (para sahabat yang tinggal di Masjid Nabawi) berkata: Aku tidur di masjid pada akhir malam, kemudian ada orang yang mendatangiku sedangkan aku tidur dengan posisi tengkurap. dan berkata: “Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang demikian adalah tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah.” Kemudian aku angkat kepalaku, maka ketika kulihat ia adalah Rasulullah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka akupun kemudian bangkit.”( HR. Al-Bukhari, dalam Al-Adab Al-Mufrad no. 1187, Ibnu Majah, no. 3723, Ahmad, no. 7981, At-Tirmidzi, no. 2768 dari hadits Abu Hurairah r.a)

Dan dalil atau alasan kedua datang dari riwayat Ibnu Majah dengan lafazh: “Ada apa denganmu sehingga tidur dengan posisi seperti ini (tengkurap), tidur seperti ini adalah tidurnya orang yang dibenci atau dimurkai Allah -Subhanahu wa Ta`ala-.”

Hadis atau Dalil Tentang Larangan Tidur Tengkurap

Hadits ini jelas merupakan larangan untuk tidur dengan tengkurap. Dan Allah -Subhanahu wa Ta`ala- sangat membencinya, dan setiap perbuatan yang Allah -Subhanahu wa Ta`ala- membencinya maka hendaklah sesuatu itu ditinggalkan. Adapun sebab dibencinya tidur tengkurap ini diterangkan dalam hadits dari Abu Dzar -radhiallahu ‘anhu-, ia berkata:
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat di sisiku sementara aku sedang tidur tengkurap, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bersabda: ‘Wahai Junaidab, sesungguhnya hanyalah tidur seperti ini adalah tidurnya penghuni neraka’.” (HR. Ibnu Majah, no. 3724)
(Adab Tidur)
Baca Juga: Dosa Dan Hukuman Mencuri Menurut Syariat Islam

Posisi Tidur Terlentang Juga Tidak Benar

Posisi tidur lainnya yang dianggap tidak benar adalah posisi tidur terlentang. Posisi tidur ini adalah posisi tidur yang lazim atau umum dilakukan manusia. Tetapi bila anda sudah berumur 35 keatas, Anda akan merasakan posisi tidur ini kurang nyaman. Mungkin anda akan sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil sehingga tidur anda kualitas nya menurun karena terganggu BAB di malam hari.
Posisi tidur terlentang juga tidak sepenuhnya benar karena menurut para ahli, tidur seperti ini bisa meningkatkan syahwat

Posisi Tidur Yang Dianjurkan Oleh Islam

Posisi miring ke kanan, berbaringlah dengan memiringkan badan sehingga badan bertumpu pada lambung sebelah kanan. (Muttafaq dualaih:1470)

Meletakkan tangan (telapak tangan kanan) dibawah pipi (HR-Bukhari:821)
Jangan tidur tengkurap/tiarap (HR-Abu Dawud:822)

Posisi tidur Tengkurap dan Posisi Miring ke Kanan Dari Segi Kesehatan

Posisi ketika tidur tengkurap atau menelungkup tidak praktis untuk pernapasan atau bisa sesak dalam bernafas, banyak tidur pada sisi kiri badan (menghadap ke kiri) bisa mengganggu kesehatan kita, karena menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan mengurangi pasokan darah ke otak.
Jika ini terjadi kita akan mengalami mimpi-mimpi sedih memilukan, mimpi buruk/seram (nightmares), bahkan berjalan dalam keadaan tidur (somnabulisme). Posisi tidur terbaik menurut sains adalah pada sisi kanan tubuh (menghadap ke kanan).
Terbaru: Cara Mengatasi Mimpi Buruk Dalam Islam
Fakta ini telah diuji melalui riset medis modern yang panjang untuk membuktikan kebenaran ajaran Islam yang berkualitas wahyu, sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menganjurkan kepada para pengikut beliau untuk tidur berbaring pada sisi badan bagian kanan.
Kebenaran hanya milik Allah.

Mungkin pembaca bisa mencoba ketiga posisi tidur diatas, dan rasakan sendiri kenyamanan masing-masing posisi tidur di atas. Penulis sendiri sudah berkali-kali mencoba posisi tidur dan yang paling nyaman adalah penulis tidur dengan miring kanan dengan punggung diganjal dengan bantal.

Ada juga yang tidur miring ke kiri. Ini bila wanita sedang hamil, kata medis dianjurkan untuk tidur miring ke kiri karena di sisi kanan ada arteri besar apabila kita miring ke kanan akan menekan arteri tersebut sehingga menghambat supply oksigen dan nutrisi ke bayi. Tetapi dengan miring ke kiri paru-paru kita yang sebelah kiri yang notabene lebih kecil dari paru sebelah kanan akan tertekan. Belum ada penelitian lanjutan tentang masalah ini.
Jadi apabila anda sedang hamil, tidurlah dalam posisi miring, baik itu miring ke kiri maupun ke kanan. Usahakan jangan tidur telentang

Nah, sekarang sahabat semua sudah tahu khan bagaimana cara tidur yang tepat menurut Islam dan pastinya juga untuk kesehatan kita sendiri, semoga ada manfaatnya, silahkan dishare kepada teman, sahabat atau keluarga 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel