ISTIMEWA, Inilah 5 Objek Wisata Gunung Paling Banyak Dikunjungi Terbaru 2021

Seperti diketahui bersama, wilayah Indonesia banyak memiliki Gunung, tercatat ada 128 Gunung berapi tersebar di berbagai provinsi dan masih aktif sampai saat ini. Wilayah pegunungan mungkin menyeramkan bagi sebagian orang, namun untuk sebagian lagi Gunung bisa jadi objek wisata yang paling diminati terutama oleh para pecinta Hiking dan Mountaineering (pendaki gunung).

Tempat Wisata Gunung Terindah SeIndonesia

Tidak sedikit juga Gunung yang berubah jadi tempat atau objek wisata menarik, bahkan aksesnya dibuat nyaman untuk para pengunjung hingga bisa ditempuh dengan kendaraan contohnya seperti Gunung Tangkuban Parahu di Bandung. Para pegiat bisnis travel juga banyak yang menyediakan paket tour ke pegunungan, hal itu menandakan Gunung bukanlah tempat menyeramkan untuk dikunjungi atau berwisata.

Berikut ini adalah 5 Gunung paling populer dan banyak dikunjungi baik itu oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

5 Objek Wisata Gunung Paling Banyak Dikunjungi Terbaru

Gunung wisata tertinggi di Indonesia

5 Objek Wisata Gunung Paling Banyak Dikunjungi Terbaru

Gunung Kerinci

Gunung yang masuk New9Wonderfull of Indonesia ini adalah Gunung api tertinggi di Indonesia. Punya ketinggian 3805 mdpl, Kerinci tetap diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Pesona keindahan di Bumi Sakti Alam Kerinci jadi magnet wisatawan, selain itu juga banyak tempat wisata di kaki gunung yang menyediakan trip atau pemandu wisata jika pengunjung ingin melanjutkan pendakian sampai ke puncak Gunung Kerinci. Jalur pendakian juga sudah lebih baik, ini yang menjadikan Gunung kerinci sering kebanjiran wisatawan baik individu maupun berkelompok saat liburan. Gunung Kerinci juga jadi ikon pariwisata kota Jambi - Sumatera Tengah.

Baca Juga: Destinasi Wisata Kuliner Populer di Indonesia Terbaru

Gunung Rinjani

Gunung Terbaik Untuk Wisata

Berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini juga masuk kawasan Taman Nasional yang resmi ditetapkan sejak 1997. Keindahan Gunung Rinjani menjadi magnet baik bagi turis lokal maupun asing. Puncak gunung eksotis terdapat kawah dengan lebar 10 km, dan di kawah tersebut terdapat danau yang memiliki warna air yang membiru dengan kedalaman 230 meter. Selain panorama alam yang sangat indah, Rinjani juga mempunyai keunikan flora dan faunanya yang beraneka ragam.

Gunung Papandayan

Wisata Gunung Menarik

Gunung api strato (terbentuk karena letusan Ekstrusi) ini berlokasi di Garut, Jawa Barat. Gunung ini mempunyai ketinggian 2.665 mdpl dan masih punya kawah aktif yang bisa menghamburkan belerang kapan saja. Namun demikian keindahan alamnya yang menarik Papandayan menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi. Tercatat beberapa lokasi populer yang biasa dikunjungi yaitu Camp david tempat camping atau bermalam di gunung, Tegal alun dan Pondok Saladah atau hutan edelweiss yaitu tempat hamparan bunga Edelweiss cantik, dan Hutan mati dimana terdapat pepohonan yang mengering akibat dari efek letusan yang biasa dijadikan tempat foto pre wedding, serta kawah papandayan di puncak Gunung yang bisa memancarkan pesona alam yang natural. Ada pula kolam air panas yang baru-baru ini dibangun untuk lebih memanjakan wisatawan

Gunung Dieng

Objek Wisata Gunung Terindah

Jawa tengah memiliki banyak Gunung di atas 3 ribu mdpl dan jadi favorit bagi para pendaki contohnya seperti Merbabu, Slamet, Sumbing, Sendoro dan Lawu. Namun untuk wisata, Gunung Dieng atau lebih tepatnya dataran tinggi Dieng adalah tempat yang paling banyak dikunjungi. 
Dieng juga disebut negeri di atas awan karena terdapat tanah datar tempat peradaban manusia yang tingginya sekitar 2000 dpl. Gunung ini terletak di kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, tepatnya di Banjarnegara - Wonosobo. Gunung dengan ketinggian sekitar 2.000 mdpl ini memiliki kawah terbanyak di Indonesia antara lain Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Timbang, Kawah Sibanteng, Kawah Candradimuka dan lain-lain. Pengunjung yang ingin menikmati pesona alam lebih natural lagi bisa melanjutkan pendakian ke Gunung Prau dengan sejuta keindahan alam khas pegunungan.

Gunung Bromo

5 Objek Wisata Gunung Paling Banyak Dikunjungi


Sering dijadikan lokasi untuk pembuatan Film, Bromo menjadi Gunung yang paling populer dan diminati wisatawan. Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini terletak di Jawa Timur dan bisa di akses dari 4 wilayah yaitu Pasuruan, Lumajang, Probolinggo dan Malang. Lautan pasir adalah andalan wisata dari gunung Bromo, pengunjung dapat melihat padang pasir yang sering disebut "pasir berbisik" dan rerumputan yang luas. Sedangkan yang paling ditunggu dari gunung bromo adalah sightview ketika matahari terbit dan terbenam karena memang akan kelihatan jelas sekali dan sangat indah. Walaupun perjalanan ke Bromo sangat berdebu, tetapi tenang saja diatas gunung Bromo tempat melihat sunset maupun sunrise, fasilitasnya sudah cukup lengkap, mulai dari masjid, toilet, maupun warung-warung makan yang berjajar untuk mengisi perut menghangatkan badan sambil menanti pemandangan sunrise maupun sunset yang aduhai.  Disediakan juga Jeep untuk transportasi di sana. Dan yang ingin berjalan kaki maka lelahnya tidak terasa, karena keindahan yang disuguhkan benar-benar luar biasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel