5 Sebab Gagal Sambung Pucuk Durian Kering Mati

Hay semuanya, kali ini kami akan bagikan ulasan dan informasi mengenai penyebab gagal sambung pucuk durian, karena banyaknya petani durian pemula yang gagal dalam menyambung atau stek okulasi durian, akibatnya bibit durian kering dan dahan maupun daun layu lalu berangsur-angsur mati, tentu ini tidak kita harapkan bersama

Durian memang sekarang ini telah menjadi buah yang viral baik di dunia maya maupun di dunia nyata, banyak orang berlomba - lomba ingin menanam pohon durian, dikarenakan rasanya yang bikin ga mau berhenti dan juga harganya sangatlah mahal, sebagai contoh durian musangking dihargai 200 - 400 ribu perkilo di Indonesia, padahal bobot rata-rata durian musangking 1 butir sekutar 2 - 3 kilogram, jadi 1 buah durian bisa mencapai harga hingga jutaan rupiah, bikin waoooooooow khan,

5 Sebab Gagal Sambung Pucuk Durian Kering Mati

Sebab Gagalnya Stek Pucuk Durian

Banyak yang menginginkan memiliki pohon durian yang cepat berbuah dan lebat tanpa menunggu lama, salah satu tekhnik yang sering dipakai adalah tekhnik sambung ( stek okulasi ) atau cangkok pohon durian, dan berharap dengan cara sambung inilah pohon durian akan cepat berbuah

Namun kita fokuskan pada tema, yaitu kenapa banyak yang gagal dalam menyambung bibit durian? jawabnya karena mereka masih pemula belum pengalaman, kami sudah melakukan uji coba sendiri ditambah wawancara sama ahlinya, ternyata sambung pucuk durian sangatlah mudah bila dilakukan dengan benar, namun kalau asal-asalan ya akan berakhir dengan tragis dan bibit durian akan kering dan lama-lama mati

Penyebab Gagal Sambung Pucuk Durian

Setidaknya ada 5 sebab yang berhasil kami temukan di lapangan, pengalaman pribadi dan wawancara sama teman yang sudah berahun-tahun menggeluti durian, yaitu:

1. Pemilihan Entres Durian Tidak Tepat

Entres durian adalah cabang atau dahan yang akan disambungkan dengan bibit durian ( sedling ), banyak pemula yang dalam memilih entres asal-asalan walhasil stek durian akan gagal total dan kerugian waktu tenaga dan materi yang terjadi, jadi dalam pemilihan entres inilah sebab utama gagalnya stek atau sambung pucuk durian, entah itu durian musang king, bawor, duri hitam maupun, tembaga super, montong dan lainnya. 

Pilih pucuk atau entres yang menempel pada cabang utama. Entres yang tumbuh subur pada cabang utama dipotong dengan pisau yang tajam, Tak lupa sertakan sebagian batang utama juga saat memotong entres.

2. Salah memotong Entres dan Bibit

Penyebab gagalnya stek okulasi atau sambung sisip durian adalah kesalahan dalam memotong entres yang akan disatukan dengan bibit muda durian, banyak pemula yang ngasal dalam pemotongan entres dan bibit, akibatnya antara entres dan bibit durian tidak mau nempel dan entres tidak memperoleh asupan makanan, lalu mengering dan berlahan mati.

Pemotongan bibit durian dilakukan dengan menyertakan batang utama sehingga pembuluh kayu dan Tapos batang utama ikut terbawa entres. Pembuluh inilah yang akan mensuplai air dan nutrisi untuk entres muda yang masih sangat rentan dan rawan.

3. Kesalah Mengikat Sambungan

Kesalah ketika mengikat sambungan juga menjadi sebab gagalnya proses menyambung pucuk durian ( entah sambung samping atau sisip ) bila salah mengikat maka akibatnya juga stek pohon durian juga tidak akan berhasil dengan sempurna, dan kematian akan menyambut.

Bila entres+batang utama dipotong berbentuk segitiga, maka batang utama calon induk juga harus dipotong dengan bentuk dan ukuran yang sama agar nanti nya entres dapat menempel dengan sempurna, selanjurnya akan mudah mengkikatnya dengan kuat

4. Bibit Durian Kurang Siap

Tidak semua pohon bibit durian bisa disambung, bibit yang terlalu muda tidak mudah untuk di okulasi atau sambung, karena akarnya belum begitu kuat, kesalah pemula yang ingin cepat-cepat dan tergesa gesa inilah yang akan mengakibatkan kegagalan dalam proses stek durian. 

Ini berlaku untuk calon induk entres. Bila calon induk entres sudah tumbuh dengan sehat dan kuat, maka batang calon induk bisa mengurangi kemungkinan entres mati.

5. Kesalahan Penempatan bibit Sambungan

Kesalahan yang terakhir adalah lokasi atau tempat bibit yang telah disambung, meskipun anda sudah benar tahapan - tahapan menyambung durian namun bila setelah anda selesai menyambung ditaruh ditempat sembarangan maka pohon akan mati dan kegagalan yang akan terjadi.

Sebaiknya tempatkan entres pada batang utama yang terpilih. Setelah melekat sempurna, ikat dengan plastik kedap udara. Dan pastikan tidak ada celah antara entres batu dengan calon indukan. Ujar kuat dan biarkan selama sekitar dua bulan sampai entres baru mulai bertunas dan menempel kuat, lalu HARUS DISUNGKUP dengan palastik transparan agar mudah dilihat perkebangannya dan calon tunas baru tidak terkena jamur atau serangga kecil pemakan tunas, selanjutnya tempatkan pohon durian hasil okulasi tersebut ditempat yang teduh tidak terkena sinar matahari langsung selama 2 hingga 3 mingguan.

Nah, barangkali itulah 5 Sebab Gagal Sambung Pucuk Durian yang semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi anda yang akan melakukan budidaya durian dengan benar dan tentunya akan memperoleh hasil yang memuaskan, trimakasih sudah berkunjung, silahkan bagikan artikel ini ke teman atau rekan yang membutuhkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel