Ringkasan Kisah Nabi Adam A.s Lengkap Dari Awal Sampai Akhir

Ringkasan Kisah nabi Adam A.s Lengkap adalah sebuah rangkuman cerita nabi Adam alaihissalam mencakup dari awal sampai akhir, yang mana diambilkan dari sumber kisah versi panjangnya dan diambil yang paling penting untuk diketahuinya

Ringkasan Kisah Nabi Adam A.s Lengkap Dari Awal Sampai Akhir


Ringkasan Kisah Nabi Adam A.s

Ringkasan bisa juga disebut dengan sinopsis , yaitu alur cerita yang diperpendek namun lengkap dari awal hingga akhir, gunanya agar mudah dipahami dan dipelajari oleh seseorang yang pertama kali mempelajari kisah nabi Adam a.d ini, entah untuk anak sekolah maupun untuk orang dewasa juga

Ringkasan Kisah Nabi Adam Alaihissalam Lengkap

Dalam riwayat bahwa Nabi Adam hidup selama 930 tahun sedangkan Siti Hawa lahir ketika Nabi Adam berusia 130 tahun, Ayat al Qur`an yang menceritakan kisah nabi Adam adalah surat Al-Baqarah Ayat 30 sampai 38 dan Al-A’raaf Ayat 11-25.

Nabi Adam dan Siti Hawa memiliki 40 Anak ( Putra dan Putri ) yang dilahirkan secara kembar, yaitu, setiap bayi lelaki dilahirkan bersamaan dengan seorang bayi perempuan. nabi Adam menikahkan anak lelakinya dengan anak gadisnya yang tidak se kembar dengannya.

Nabi Adam as adalah nabi yang sangat beradab sekali, memiliki ilmu yang tinggi, Nabi Adam as berasal dari surga. Nabi Adm as. sangat dimuliakan oleh Allah SWT , Nabi Adam a.s diturunkan dimuka bumi sebagai manusia dan dijadikan sebagai khalifah di muka bumi atau sebagai makhluk pengganti yang sebelumnya sudah ada makhluk lain.

Ringkasan Kisah Nabi Adam A.s Awal Penciptaanya


Setelah Allah menciptakan bumi, langit, dan malaikat, Allah berkehendak untuk menciptakan makhluk lain yang nantinya akan dipercaya menghuni, mengisi, serta memelihara bumi tempat tinggalnya.yaitu manusia dan malaikat khawatir makhluk tersebut nantinya akan membangkang terhadap ketentuan-Nya dan melakukan kerusakan di muka bumi.

Lalu diciptakanlah Nabi Adam oleh Allah SWT dari segumpal tanah liat yang kering dan lumpur hitam yang dibentuk sedemikian rupa. Setelah disempurnakan bentuknya, maka ditiupkanlah roh ke dalamnya sehingga ia dapat bergerak dan menjadi manusia yang sempurna.

Saat semua makhluk penghuni surga bersujud menyaksikan keagungan Allah SWT itu, hanya Iblis yang membangkang dan enggan mematuhi perintah Allah SWT untuk menghormati Adam, karena merasa dirinya lebih mulia, lebih utama, dan lebih agung dari Adam. Hal itu disebabkan karena Iblis merasa diciptakan dari unsur api, sedangkan Adam hanyalah dari tanah dan lumpur. Kebanggaan akan asal usul menjadikannya sombong dan merasa enggan untuk bersujud menghormati Adam seperti para makhluk surga yang lain.

Karena Kesombongannya itulah, maka Allah menghukum Iblis dengan mengusirnya dari surga dan mengeluarkannya dari barisan para malaikat disertai kutukan dan laknat yang akan melekat pada dirinya hingga kiamat kelak

Dan Iblis dengan sombong menerima hukuman itu dan ia hanya memohon kepada Allah untuk diberi kehidupan yang kekal hingga kiamat. Allah memperkenankan permohonannya itu. Iblis mengancam akan menyesatkan Adam sehingga ia terusir dari surga. Ia juga bersumpah akan membujuk anak cucunya dari segala arah untuk meninggalkan jalan yang lurus dan menempuh jalan yang sesat bersamanya. Allah kemudian berfirman bahwa setan tidak akan sanggup menyesatkan hamba-Nya yang beriman dengan sepenuh hati.

Nabi Adam lalu diperintahkan oleh Allah untuk memberitahukan nama-nama benda itu kepada para malaikat dan setelah diberitahu oleh Adam, berfirmanlah Allah kepada mereka bahwa hanya Allah lah yang mengetahui rahasia langit dan bumi serta mengetahui segala sesuatu yang nampak maupun tidak nampak.

Ringkasan Kisah Nabi Adam As. Ketika di Surga

Nabi Adam diberi kesempatan oleh Allah untuk tinggal di surga dulu sebelum diturunkan ke Bumi. Allah menciptakan seorang pasangan untuk mendampinginya. Adam memberinya nama Hawa yang diciptakan dari tulang rusuk Nabi Adam as Sendiri. 

Sesuai dengan ancaman yang diucapkan saat diusir oleh Allah dari surga akibat pembangkangannya, Iblis mulai berencana untuk menyesatkan Adam dan Hawa yang hidup bahagia di surga yang tenteram dan damai dengan menggoda mereka untuk mendekati pohon yang dilarang oleh Allah kepada mereka.

Iblis menipu mereka dengan mengatakan bahwa mengapa Allah melarang mereka memakan buah terlarang itu karena mereka akan hidup kekal seperti Tuhan apabila memakannya. Bujukan itu terus menerus diberikan kepada Adam dan Hawa sehingga akhirnya mereka terbujuk dan memakan buah dari pohon terlarang tersebut. Jadilah mereka melanggar ketentuan Allah sehingga Dia menurunkan mereka ke bumi. 

Ringaksan Kisah Nabi Adam dan Hawa Diturunkan Ke Bumi

Nabi Adam dan Hawa kemudian diturunkan ke Bumi dan mempelajari cara hidup baru yang berbeda jauh dengan keadaan hidup di surga. Mereka harus menempuh kehidupan sementara dengan beragam suka dan duka sambil terus menghasilkan keturunan yang beraneka ragam bentuknya.

Menurut kisah Adam diturunkan di (Sri Lanka) di puncak bukit Sri Pada dan Hawa diturunkan di Arabia. Mereka akhirnya bertemu kembali di Jabal Rahmah di dekat Mekkah setelah 40 hari berpisah. Setelah bersatu kembali, konon Adam dan Hawa menetap di Sri Lanka, karena menurut kisah daerah Sri Lanka nyaris mirip dengan keadaan surga. Di tempat ini ditemukan jejak kaki Adam yang berukuran raksasa.

Setelah berada di bumi pasangan Adam dan Hawa bekerja keras mengembangkan keturunan. Keturunan pertama mereka ialah pasangan kembar Qabil dan Iqlima, kemudian pasangan kedua Habil dan Labuda. Setelah keempat anaknya dewasa, Nabi Adam mendapat petunjuk agar menikahkan keempat anaknya secara bersilangan, Qabil dengan Labuda, Habil dengan Iqlima.

Nah itulah Ringkasan Kisah Nabi Adam A.s Lengkap Dari Awal Sampai Akhir yang dapat kita sajikan dan rangkumkan untuk anda yang ingin mendalami lebih jauh maka disarankan baca lagi kisah lengkapnya juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel