Kisah Malaikat Mikail Pembagi Rizki Yang Baik Hati

TABIRDAKWAH - Assalam para pembaca semuanya, pada kali ini kita akan bercerita lengkap tentang Kisah malaikat Mikail yang bertugas membagi rizqi kepada semua makhluq hidup di dunia ini, semoga menjadi bahan bacaan yang edukatif Islami sehingga menambah keimanan kita dalam agama Islam

Kisah Malaikat Mikail Lengkap

Kisah malaikat Mikail ini sangatlah lengkap dan padat isinya, kita dapatkan dari beberapa referensi terpercaya yang bisa sahabat ambil untuk bahan dakwah khotbah atau untuk diceritakan kembali kepada anak anak atau siapa saja yang membutuhkan cerita atau kisah ini, mari kita simak penjelasan dan ulasannya bersama


Tugas utama malaikat Mikail

Banyak yang masih belum mengetahui atau mungkin juga lupa , sebenarnya apa tugas malaikat mikail ? bagaiman malaikat mikail melaksanakan tugas2 nya ? lalj bagaiman bentuk atau wujud malaikat ? dan masih banyak lagi pertanyaan seperti itu, maka kan kita ulas satu persatu

Tugas Malaikat Mikail

Rukun Islam yang ke 2 adalah iman kepada malaikat Allah yang jumlahnya hanya Allah yang tahu, namun yang wajib kita ketahui ada 10 saja, dan salah satunya adalah malaikat Mikail yang bertugas membagikan rizki kepada para makhluk hidup yang ada di dunia ini

Tugas malaikat Mikail adalah membagikan rizqi kepada para makhluk hidup baik itu hewan, manusia, pohon atau tumbuhan dan sebagainya, namun untuk lebih jelasnya maka kita simak penjelasan lengkap berikut ini sampai habis

Malaikat Mikail adalah malaikat yang mengatur air, menurunkan hujan/petir, membagikan rezeki pada manusia, tumbuh-tumbuhan juga hewan-hewan dan lain-lain di muka bumi ini. Dikatakan setiap satu makhluk yang memerlukan rezeki untuk hidup di dunia ini akan diselia rezekinya oleh satu malaikat Karubiyyuun.
Baca Juga: Dahsyatnya Rahasia Bersedekah

Penciptaan Malaikat Mikail

Malaikat Mikail adalah salah satu di antara Pembesar Malaikat yang empat. Ia dicipta oleh Allah selepas malaikat Israfil dengan selisih kira-kira lima ratus tahun.

jumlah keseluruhan malaikat yg wajib dipercayai oleh orang islam itu ada sepuluh berserta tugas nya masing-masing
Dalam Islam Mikail dikenal sebagai malaikat Mikail, satu dari malaikat utama Allah setelah Jibril. Menurut salah satu sumber, dalam tradisi Islam Mikail dikatakan memakai jubah berwarna hijau jamrud, memenuhi bentangan langit. Tiap helai rambutnya berisi ribuan wajah yang mengagungkan nama Allah.

Malaikat Mikail Tidak Tersenyum Lagi

Menurut sumber lain dikatakan sejak neraka diciptakan Allah, Mikail tidak pernah lagi bisa tertawa. Maupun tersenyum
Malaikat Mikail adalah termasuk salah satu diantara 4 Malaikat yang menjadi pembesar seluruh Malaikat.
Terbaru: Posisi Tidur yang dimurkai Allah SWT

Malaikat Mikail Terbuat dari Cahaya ( Nur )

Dalam sebuah sumber dinyatakan bahwa ia diciptakan oleh Allah Swt, sesudah Malaikat Israfil dengan selisih kira-kira 500 tahun lamanya. Seluruh anggota tubuhnya terbuat dari nur (cahaya) dan berbulu za’faran. Yang istimewa, ada satu juta wajah diatas setiap bulu-bulu yang dimilikinya. Dan setiap wajah memiliki sejuta mata

Padahal, tiap mata yang ada senantiasa menangis untuk memohon rahmat bagi orang-orang mukmin yang berdosa. Di samping itu, kelebihan yang dimiliki adalah tiap wajah mempunyai mulut sebanyak 1 juta, yang mana mulut tersebut memiliki lidah dengan jumlah yang sama dan menguasai satu juta macam bahasa. Padahal setiap lisan yang dimiliki membaca istighfar untuk orang-orang mukmin yang berdosa.

Dari sekian banyak mata yang ada, maka senantiasa meneteskan air mat sejumlah tujuh ribu tetesan. Lalu dari tiap tetesan air mata itu ALLAH menciptakan malaikat sejenis yang serupa dengan bentuk Malaikat Mikail. Tugas mereka adalah membaca tasbih hingga hari Kiamat. Mereka itu bernama KARUBIYUN. Di samping bertasbih, mereka juga memiliki tugas sebagai pembantu Malaikat Izrafil menjalankan tugas, yaitu membagi hujan, menjaga tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, serta membagi rizeki.

Dan disebutkan dalam sebuah keterangan, untuk menjaga kelangsungan kehidupan makhluk di dalam laut, buah – buahan di pohon maupun tumbuh – tumbuhan yang berada di atas bumi, maka ALLAH mengutus seorang malaikat untuk menjaganya. Jadi, satu butir buah misalnya akan senantiasa dijaga oleh seorang malaikat.
Baca Juga: Nama Bayi Laki Laki Modern Islami Awalan F Terbaru

Tugas Lain Malaikat Mikail

Disamping bertugas membagi rezeki dan hujan, Malaikat Mikail juga sering mendampingi Malaikat Jibril dalam menjalankan tugas – tugasnya.

Di antara tugas yang pernah dilakukan bersam Malaikat Jibril adalah :

A. Ketika Malaikat jibril menjalankan tugas membelah dada Nabi muhammad Saw. Untuk dicuci hatinya karna akan diisi dengan iman, islam, yakin dan sifat hilim. Ketika itu peran Malaikat Mikail tidak kalah penting. Beliaulah yang mengambil air Al-Kautsar (air zam-zam) untuk akhirnya dijadikan sebagai pencubi hati Nabi Muhammad Saw. Sehingga tidak ada lagi kotoran yang tersisa

B. Saat Nabi Muhammad Saw. mendapat kepercayaan untuk melakukan ISRA’ dan Mi’raj, Malaikat Mikail besama Jibril ikut mendampingi beliau selama perjalanan.

C. Malaikat Mikail juga sebagai pesuruh ALLAH untuk menyampaikat lembaran kepada Malaikat Maut. Dalam lembaran itu tertulis sangat detail nama, tempat, dan sebab musabab pencabutan nyawa bagi orang yang di maksud.

Wujud / Bentuk Malaikat Mikail

Dari kepala malaikat Mikail hingga kedua telapak kakinya berbulu Za’faron. Jika seluruh air di lautan dan sungai di muka bumi ini disiramkan di atas kepalanya, nescaya tidak setitikpun akan jatuh melimpah.

Di atas setiap bulu-bulunya, terdapat sebanyak satu juta muka.
Setiap muka malaikat Mikail ini pula mempunyai satu juta mulut dan setiap mulut mempunyai satu juta lidah manakala setiap lidah-lidahnya boleh berbicara satu juta bahasa atau lisan. Setiap satu juta lisan tersebut adalah membaca istighfar pada Allah bagi orang-orang mukmin yang berdosa.

Setiap satu juta muka atau wajahnya mempunyai satu juta mata. Tiap-tiap matanya sentiasa menangis kerana memohon rahmat bagi orang-orang mukmin yang berdosa. Tiap-tiap matanya yang menangis itu mengeluarkan tujuh ribu titisan air mata dan setiap titisan air mata itu Allah ciptakan satu malaikat Karubiyyuun yang serupa dengan kejadian malaikat Mikail Setiap malaikat-malaikat ini ditugaskan untuk bertasbih pada Allah sehingga hari kiamat.

Imam Ahmad dengan sanadnya, dari Anas bin Malik, ketika Rasulullah Mikraj ke langit baginda ada bertanya pada malaikat Jibril: “Mengapa aku tidak pernah nampak malaikat Mikail tertawa?” Malaikat Jibril menjawab: “Malaikat Mikail tidak pernah tertawa semenjak neraka diciptakan”

Kisah MALAIKAT MIKAIL DALAM ANGELOLOGI DAN OKULTISME

Para okultis modern menghubungkan Mikail dengan warna merah, arah selatan dan unsur api.
Dalam bentuk-bentuk okultisme lainnya, Mikail disebut sebagai roh planet Merkurius. Dia adalah penguasa hari Minggu dan Kamis. Ia adalah campuran dari movitasi, keaktifan dan keberhasilan. Konon ia adalah pembawa karunia kesabaran, dan malaikat karier, keberanian, keberhasilan, ambisi, motivasi, dan tugas-tugas kehidupan. Warna lilin Mikail adalah oranye, putih dan emas. Energi warnanya adalah oranye, ungu, putih, kristal, emas, dan coklat.

Penulis sendiri yang berlatar pendidikan sains kadang menganalogikan Malaikat dengan partikel. Bila cahaya mengenai benda dengan energi yang cukup maka akan menghasilkan partikel-partikel. Kadang partikel positif kadang partikel negatif. Kadang dengan warna tertentu kita bisa lebih bahagia, lebih bermotivasi sehingga lebih lancar rezeki yang mengalir.

 Pada kisah malaikat Raqib dan Atid penulis juga sudah menjabarkan cukup panjang hubungan malaikat dengan cahaya di kehidupan nyata. Termasuk juga malaikat Mikail yang bertugas sebagai pembagi rizki
Terbaru : Kisah Nabi Nuh As Lengkap Dari Awal Sampai Akhir

Kisah Malaikat Mikail

Nah itulah kisah malaikat Mikail yang mempunya tugas membagikan rizki yang bisa kita sampaikan, dan sekaligus menjawab pertanyaan apakah tugas malaikat Mikail ? Dengan jawaban lengkap disertai kisah atau ceritanya pasti sahabat semua sekarang sudah paham

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel