Apakah Syarat Sah dan Syarat Wajib Puasa Ramadhan Sebutkan

TABIRDAKWAH - Assalam untuk pembaca dan admin website ini, pada kali ini kami ingin membagikan tentang suatu pertanyaan apakah syarat sah dan syarat wajib puasa jelaskan , soal pertanyaan seperti itu sering sekali dilontarkan di beberapa tempat baik offline maupun online



Syarat Sah dan Syarat Wajib Puasa Ramadhan


Apakah Syarat Sah dan Syarat Wajib Puasa Sebutkan ! pertanyaan ini sebeenarnya sangat mudah dan memang orang Islam harusnya tahu dan mengerti sejak dini syarat sah dan syarat wajin puasa, agar puasa yang kita jalankan lebih berdasarkan ilmu syariat yang tepat

Baikalah tanpa panjang lebar lagi inilah jawaban yang kita sajiakan

Pertanyaan:
apakah syarat sah dan syarat wajib puasa sebutkan

Jawaban:

Syarat sah puasa

Agar puasanya sah, maka syarat sah puasa ramadhan ada empat (4) perkara yang harus dipenuhi, yaitu:
1. Islam.
2. Berakal.
3. Suci dari seumpama darah haidh dan nifas.
4. Dalam waktu yang diperbolehkan untuk berpuasa.

Syarah atau Penjelasan Kitab Safinah an-Najah
Syarat sahnya puasa—baik puasa wajib atau sunnah—ada empat. Pertama, Islam. Kedua, berakal. Ketiga, bersih dari haidl. Dan keempat, mengetahui waktu yang sudah siap untuk melaksanakan puasa.

Baca Juga: Syarat Wajib Puasa Ramadhan Dan Dalilnya Lengkap Penjelasannya

Syarat wajib puasa

Syarat wajib puasa ramadhan atau orang yang diwajibkan berpuasa ada lima perkara, yaitu:
1. Islam.
2. Taklif (dibebankan untuk berpuasa).
3. Kuat berpuasa.
4. Sehat.
5. Iqamah (tidak bepergian).

Syarah atau penjelasan:
Syarat wajibnya puasa ada lima.
1). Islam.
2). Tertaklif. Artinya seseorang sudah baligh dan berakal. Ada pengecualian orang-orang yang tidak diwajibkan berpuasa yaitu anak kecil, orang gila, orang yang terserang penyakit epilepsi, dan mabuk. Karena mereka belum tertaklif.
3). Mampu melaksanakan puasa. Maka tidak wajib puasa bagi orang yang tidak mampu melaksanakan puasa, seperti orang yang sudah tua rentah atau orang sakit yang tidak mampu berpuasa.
4). Sehat jasmani dan rohani. Sehingga tidak diwajibkan berpuasa bagi orang sakit.
5). Berdiam diri di rumah. Artinya bagi orang yang sedang melakukan bepergian jauh tidak diwajibkan berpuasa alias oleh berbuka.
Dalil ayat al-Quran yang menjelaskan syarat dan ada beberapa keadaan yang diperbolehkan berbuka puasa atau tidak diwajibkan berpuasa, tapi wajib diqadha pada hari-hari yang lain atau dengan membayar fidyah yaitu memberi makan para fakir miskin bila tidak kuat mengganti puasanya di waktu selain bulan Ramadhan.

Nah, itulah kunci jawaban atas pertanyaan apakan syarat sah puasa dan syarat wajib puasa ramadhan ? semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel